INILAH CARA MENGENALI MINYAK ZAITUN BERKUALITAS!

Minyak zaitun atau olive oil berasal dari Mediterania. 
Minyak ini dihasilkan dengan cara menggiling seluruh butiran zaitun, kemudian diekstraksi dengan mesin atau bahan kimia.

Berbagai macam jenis minyak zaitun, yaitu : 
1. Extra virgin olive oil
2. Refined olive oil 
3. Olive Pomace oil. 

Kualitas terbaik minyak zaitun adalah extra virgin olive oil karena minyak jenis ini dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

Menurut Nicholas Coleman, spesialis olive oil di New York City, minyak zaitun harus segar untuk mempertahankan manfaat kesehatannya. 
“Walaupun dihasilkan dari produsen terbaik dunia, jika minyaknya sudah lama, Anda tidak akan memperoleh manfaat kesehatan apa pun,” ujar Coleman.

Coleman mengatakan, memilih minyak zaitun sama dengan memilih wine. 
Untuk mendapat kualitas yang baik, anda harus memperhatikan kapan minyak zaitun diproduksi, jenis minyak zaitun yang akan dibeli, dan dari mana minyak zaitun berasal.

“Ketika Anda mencicipi minyak zaitun berkualitas baik, Anda akan merasakan sensasi pedas di bagian pangkal tenggorokan setelah mencicipinya,” ujar Coleman. Menurutnya, rasa pedas ini menunjukkan kandungan antioksidan dalam minyak zaitun.

“Minyak zaitun berkualitas baik harganya mahal, karena produsen harus mengambil buah zaitun dari seluruh dunia dan mengirimnya ke tempat-tempat tujuan,” ujar Coleman.

Coleman mengatakan, warna minyak zaitun tidak berhubungan dengan manfaat kesehatannya, tetapi warna botol minyak zaitun bisa mempengaruhinya. Ia menyarankan untuk memilih botol kaca atau kaleng yang gelap, sehingga minyak tidak mengalami degradasi dan oksidasi akibat cahaya.

“Ketika Anda memasak dengan minyak zaitun, pastikan memakai api kecil sehingga minyak hangat secara perlahan untuk mempertahankan kandungan antioksidan di dalamnya,” ujar Coleman.

0 komentar :

Posting Komentar